Senin, 15 Desember 2008

BILA AL-QUR’AN DAPAT BERBICARA

Waktu engkau kanak-kanak, kau laksanan kawan sejatiku
Dengan wudhu aku kau sentuh dalam suci
Akau kau pegang, kau junjung dank au pelajari aku
Aku kau baca dengan lirih keras suara dengan syahdunya setiah hari…
Kaupun menciumku mesra usai membacaku
Sekarang…
Sekarag setelah kau dewasa….
Nampaknya kau sudah tidak ada feeling lagi bersamaku….
Tidak berminat lagi kepadaku
Apakah aku hanya bacaan usang yang hanya tinggal sejarah?
Ataukah menurutmu aku adalah bacaan yang didak bermakna…
Tak ada guna….
Tidak menambah pengetahuanmu?
Ataukah aku hanya bacaan untuk anak kecil yang belajar mengaji saja?
Aku kau simpan rapi sekali sehingga kadang kau lupa tentang keberadaanku
Aku kau angap sebagai perhiasan rumahmu…
Kadang kala dijadikan maskawin agar kau dianggap bertaaqwa
Atau aku kau buat sebagai penagkal untuk menakut-nakuti hantu dan syetan
Kini tersingkir, dibiarkan dalam kesendirian dan kesepian
Diatas lemari, didalam laci, aku kau pendamkan
Dulu..
Dulu, usai subuh, pagi-pagi surat yang ada padaku kau baca beberapa halaman
Sore hari, aku kau baca beramai-ramai bersama teman-temanmu di surau,
Sekarang…
Sekarang, usai subuh kau mendengkur lagi…
Pagi-pagi sambil minum kopi,
Kau baca Koran atau nonton berita pagi di tv
Waktu senggang…
Kau sempatkan untuk membaca buku karangan manusia
Sedangkan aku berisi ayat-ayat yang datang dari Allah yang Maha Perkasa,
Kau campakkan, kau abaikan aku, kau lupakan aku…
Waktu berangkat kerja pun kau lupakan baca bismillah, pembuka suratku
Diperjalanan kau lebih asyik menikmati musik duniawi…
Tidak ada kaset berisi ayat Allah yang ada padaku di laci mobilmu
Sepanjang perjalanan, radio yang senantiasa tertuju ke stasiun radio favoritmu
Aku tahu kalau itu bukan stasiun radio yang senantiasa melantunkan ayatku..
Di meja kerjamu tidak ada aku untuk kaubbaca sebelum kau mulai aktivitasmu
Di komputermupun kau putar musik favoritmu, jarang sekali kau putar ayat-ayatku
Bahkan tidak pernah melantun meski hanya pembukanya saja….
Email teman yang ada ayat-ayatkupun kau abaikan…
Kau terlalu sibuk dengan urusan duniamu…
Benarlah dugaanku bahwa kau kini sudah benar-benar melupakanku
Bila malam tiba, kau tahan nongkrong berjam-jam didepan TV
Menonton pertandingan liga Italia, musik atau film serta sinetron laga..
Di depan computer, berjam-jam kau betah duduk, hanya sekedar membaca berita murahan dan gambar sampah. Waktupun cepat berlalau…
Akupun menjadi semakin kusam di dalam lemarimu..
Mengumpul debu dilapis abu, dan mungkin dimakan kecoak
Seingatku, hanya awal ramadhan kau membacaku kembali itupun hanya beberapa lembar dariku, dengan suara dan lafadz yang tidak semerdu dulu..
Kaupun kini terbata-bata dan kurang lancer lagi membacaku…
Dapatkah Koran, TV, radio dan computer memberimu pertolongan?
Bila kau du kubur sendirian, menunggu kiamat tiba kau akan diperiksa oleh Malaikat suruhan-Nya, hanya dengan ayat-ayat Allah yang ada padaku, kau dapat selamat melaluinya…
Sekarang kau begitu enteng membuang waktumu
Setiap saat berlalau…
Kuranglah jatah umurmu…
Dan akhirnya kubur akansenantiasa menunggu kedatanganmu, kau dapat kembali kepada Tuhan sewaktu-waktu
Apabila Malaikat maut mengetuk pintu rumahmu
Bila aku kau baca selalu dan kau hayati,
Dikuburmu nanti…
Aku akan datang sebagai pemuda yang gagah nan tampan ataukana cantik nan berseri, yang akan membantumu dari perjalanan alam akhirat..
Tapi…
Akulah Al-qur’an sang kitab suci
Yang senantiasa setia menemani dan melindungimu
Peganglah aku lagi, bacalah aku setiap hari, karena ayat-ayat yang ada padaku adalah ayat syci
Yang berasal dari Allah, Tuhan yang Maha Megetahui
Yang disampaikan oleh Jibril melalui Muhammad Rasulullah
Keluarkanlah aku segera dari laci dan lemarimu
Jangan lupa membawa kaset yang ada ayatku didalam laci mobilmu
Letakka aku selalau didepan meja kerjamu
Agar kau senantiasa mengingat Tuhanmu
Sentuhlah aku lagi….
Baca dan pelajari lagi aku setiap datangnya pagi maupun sore hari
Setiap dulu…
Dulu sekali
Waktu kau masih kecil, lugu dan polos
Di surau kecil kau biarkan sendirian
Dalam sepi dan bisu
Maha benar Allah, Yang Maha Perkasa dan maha Bijaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAZAKUMULLAH KHAIR
YAA.., ATAS KUNJUNGANNYA DAN KOMENTARNYA
I WISH YOU LUCK