Senin, 18 Oktober 2010

DO’A BERJAMA’AH SETELAH SELESAI SHALAT

oal: Di beberapa daerah, kami melihat, bahwa sebagian imam dan ma’mum mengangkat tangan setelah selesai shalat fardhu, Sang Imam berdo’a kemudian para ma’mum mengamininya. Oleh sebab itu kami mohon penjelasan!

Jawab: Semua Ibadah harus bersifat tauqifiyyah, dibangun di atas dalil dan argument yang jelas, tidak boleh kita mengatakan bahwa ibadah ini disyari’atkan dari segi keasliannya, atau jumlahnya, caranya atau tempatnya, kecuali manakala ditetapkan oleh dalil syar’i yang menunjukkan akan hal itu. Sedangkan kita tidak mengetahui adanya sunnah yang menunjukkan bahwa Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya mengangkat tangan dan berdo’a dengan diamini oleh para sahabatnya, tidak kita ketahui dari perkataannya, perbuatannya ataupun juga dari persetujuannya, sedangkan kunci kebaikan, hanyalah ada pada pengikutan terhadap petunjuknya Shallallahu alaihi wa sallam, dan petunjuk beliau di dalam masalah ini sangatlah jelas dengan dalil yang shahih yang menyebutkan amalan Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam setelah salam, demikian pula dari para khulafa’ur rosyidin dan para sahabat serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik setelahnya, dan barang siapa yang mengada-adakan sesuatu yang menyelisihi petunjuk Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, maka amalannya tertolak. Beliau bersabda:

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

“Barang siapa yang mengada-adakan dalam urusan kami yang bukan dari ajarannya maka amalannya tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh sebab itu, apabila ada seorang imam yang berdo’a setelah salam dan makmum mengamini do’anya, sambil mengangkat tangan, kita meminta mereka untuk mendatangkan dalil, jika tidak ada, maka amalan mereka ditolak dan tidak diterima disisi Allah Azza wa Jalla.

(Badan Riset Ilmiyah Dan Fatwa KSA, Fatawa Islamiyah 4/179)
sumber: icmkendari.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAZAKUMULLAH KHAIR
YAA.., ATAS KUNJUNGANNYA DAN KOMENTARNYA
I WISH YOU LUCK