Minggu, 18 Juli 2010

PERENCANAAN-PARTISIPATIF

1. Program perencanan pendidikan norformal partisipatif

Perencanaan pembangunan partisipatif adalah perencanaan yang bertujuan melibatkan kepentingan rakyat dan dalam prosesnya melibatkan rakyat (baik langsung maupun tidak langsung). Melibatkan masyarakat secara langsung akan membawa tiga dampak penting yaitu
a. Terhidar dari peluang terjadinya manipulasi. Keterlibatan rakyat akan memperjelas apa yang sebetulnya dikehendaki masyarakat.
b. Memberi nilai tambah pada legitimasi rumusan perencanaan. Semakin banyak jumlah mereka yang terlibat akan semakin baik.
c. Meningkatkan kesadaran dan ketrampilan politik masyarakat.
Sehingga contoh perencanaan partisipatif pendidikan non formal harus Melakukan identifikasi kebutuhan mayarakat. Komunikasi dengan masyarakat. Kegiatan non formal yang partisipatif yaitu dengan melibatkan penduduk setempat sebelum melaksanakan kegiatan sehingga kegiatan berlangsung dengan diketahui oleh masyarakat setempat kemudian menyiapkan rencana/proposal pembentukan kegiatan

2. sedangkan perencanaan pendidikan non formal yang tidak partisipatif hanya melibatkan pihak tertentu tanpa melakukan identifikasi kebutuhan masyarakat sebelumnya. Sehingga hanya memenuhi kebutuhan sendiri. Sehingga masyarakat kurang berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAZAKUMULLAH KHAIR
YAA.., ATAS KUNJUNGANNYA DAN KOMENTARNYA
I WISH YOU LUCK