Minggu, 18 Juli 2010

PENGORGANISASIAN

1.Apa yang dimaksud dengan organisasi, dan apa pentingnya buat pembangunan masyarakat?

A.Pengertian Organisasi

1. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
2. Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota. (Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani, Sosiologi untuk SMU Kelas I)
3. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
4. Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab (Schein).
5. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Griffin, 2002)
6.Organisasi adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama (Ernie&Kurniawan,2005)
7. Organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

B.Pentingnya Organisasi dalam pembangunan masyarakat

Organisasi adalah merupakan salah satu wadah yang ada dimasyarakat untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu organisasi juga mitra kerja pemerintah. Misalnya, dalam memformulasikan kebijakan-kebijakan penting lingkup masyarakat seperti pertanian, nelayan, dll dimana pemerintah melibatkan organisasi untuk memberikan kritik dan saran guna berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat.

Dan pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
1. Orang-orang (sekumpulan orang),
2. Kerjasama,
3. tujuan yang ingin dicapai,

Selain itu, organisasi merupakan sekumpulan orang dan masyarakat adalah pelaku terpenting dalam organisasi. Sehingga masa depan pembangunan masyarakat tergantung pada bagaimana organisasi itu dikelola.
Oleh karena itu, struktur organisai mempengaruhi perilaku individu dan kelompok dalam beberapa cara-cara khusus dan penting untuk dipelajari. Karena suatu tujuan dari struktur keorganisasian adalah mengendalikan, menyalurkan dan mengarahkan perilaku untuk mencapai apa yang dianggap menjadi tujuan organisasi.
Secara umun organisasi adalah merupakan wadah atau tempat naungan individu-individu dan manajemen merupakan proses bagaimana mengelola sumberdaya dalam suatu organisasi
Sehingga organisasi merupakan salah satu wadah yang penting dalam membantu proses pembangunan masyarakat.


2.Apa hubungan organisasi dan manajemen?

Secara khusus hubungan manajemen dan organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
a. Effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan atau target.
b. Efficient is to do the something right. sedangkan efisien adalah cara dalam mencapai tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau pemborosan

3.Apa-apa yang perlu dipertimbangkan dalam pembentukan suatu organisasi?

Tata cara dalam membentuk suatu organisai adalah dengan partisipasi kita untuk mengumpulkan orang untuk turut ikut dalam kegiatan yang kita akan lakukan dalam mendirikan suatu organisasi.Seperti dalam mendirikan suatu organisasi kemahasiswaan untuk menjalin kerjasama antar seseorang di dalam suatu organisasi yang akan kita buat. Contohnya dalam pengesahan untuk mengizinkan mendirikan suatu organisasi dalam pembangunan universitas yang diberi nama “mapala universitas perjuangan”.Nama universitas yang akan didirikan pun, harus melalui persetujuan dan kesepakatan bersama dari berbagai pihak yang meliputi dari beberapa orang yang ikut bergabung dalam suatu organisasi.
Selain itu, pembentukan organisasi kemasyarakatan saat ini masih menggunakan UU No 8 Tahun 1985 tentang Organisasi kemasyarakatan
Sehingga, untuk mendirikan organisasi kemasyarakatan selain partisipasi aktif masyarakat/anggota yang harus disiapkan adalah Anggaran Dasar Organisai dan Kemengurusan diawal berdiri.
Anggaran Dasar ini dapat disusun sendiri dengan ditandatangani oleh para pendiri, atau dibuat dihadapan notaris. Setau saya sampai saat ini Anggaran Dasar Ormas belum diharuskan dibuat dengan akta notaris, tapui kedepan akan kesana mengingat hampir seluruh organisasi sudah diwajibkan menggunakan akta notaris terakhir pembentukan koperasi yang harus menggunakan akta notaris.

Anggran Dasar tersebut memuat asas, fungsi, tujuan, hak dan kewajiban, keanggotaan, kepngurusan, kedudukan kantor pusat dan cabang, struktur organisasi, keuangan dll.

Hal terpenting yang diatur dalam UU Ormas tersebut adalah bahwa organisasi Kemasyarakatan berfungsi sebagai :
a. wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya;
b. wadah pembinaan dan pengembangan anggotanya dalam usaha
mewujudkan tujuan organisasi:
c. wadah peranserta dalam usaha menyukseskan pembangunan
nasional;
d. sarana penyalur aspirasi anggota, dan sebagai sarana komunikasi
sosial timbal balik antar anggota dan/atau antar Organisasi
Kemasyarakatan, dan antara Organisasi Kemasyarakatan dengan
organisasi kekuatan sosial politik, Badan Permusyawaratan/Perwakilan
Rakyat, dan Pemerintah.

Organisasi Kemasyarakatan berkewajiban :
a. mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
b. menghayati, mengamalkan, dan mengamankan Pancasila dan Undang-
Undang Dasar 1945;
c. memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Setelah memiliki Anggran Dasar dan struktur organisasi daftarkan ke Departemen dalam Negeri di bagian Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan secara langsung atau melalui notaris.
Disamping itu Organisasi Kemasyarakatan sebagaimana UU No 8/85 yang saat ini sudah diajukan RUUnnya, saat ini banyak yang menggunakan badan hukum Yayasan UU No 28 Tahun 2004 tentang Yayasan sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat. Organisasi yang berbasis UU No 8/85 lebih pada kumpulan orang, sedangkan organisasi berbasis yayasan UU No 28 Tahun 2004 tentang Yayasan pada aktivitas sosialnya


4.Bagaimana menyikapi perbedaan-perbedaan dalam suatu organisasi?

Perbedaan dalam suatu organisasi sering kali tidak dapat dielakkan atau dihindari. Ada banyak hal yang dapat menyulut terjadinya perbedaan, dan untuk dapat mengatasi perbedaan kita perlu terlebih dahulu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan.
• Adapun faktor-faktor penyebab perbedaan tersebut adalah:
• Perbedaan kepribadian
• Perbedaan cara pandang
• Perbedaan tujuan dan kepentingan
• Perbedaan pemahaman
Solusi mengatasi perbedaan
Sebenarnya banyak cara yang dapat dilkukan untuk mengatasi perbedaan yang terjadi di tempat kerja. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi perbedaan di tempat kerja.
1. Hindari sumber perbedaan
Setelah kita berhasil mengidentifikasi indikator perbedaan maka sedapat mungkin kita harus menjauhkan atau menghindari sumber perbedaan.
2. Netralisasi sikap
Bahwa sikap memihak pada salah seorang atau golongan yang sedang berselisih (mengalami perbedaan) akan mempertajam perselisihan atau perbedaan tersebut. Maka sikap yang paling tepat adalah netral atau tidak memihak dan bahkan diusahakan untuk menjadi mediator di dalam mengatasi perbedaan tersebut.
3. Ubah sikap kita
Kemungkinan terjadinya perbedaan dapat disebabkan oleh sikap salah seorang anggota kelompok atau organisasi yang dirasa tidak tepat oleh anggota/kelompok lain. Jika hal ini terjadi maka kita harus cepat dan tanggap untuk mengubah sikap kita.
4. Blending atau mengurangi perbedaan yang ada
Salah satu penyebab terjadinya perbedaan adalah karena adanya perbedaan pandangan atau kepentingan diantara anggota organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu kita harus berupaya untuk mengurangi adanya perbedaan-perbedaan tersebut, dan bahkan sedapat mungkin mengubah perbedaan tersebut menjadi sinergi yang akan mendorong tercapainya tujuan organisasi.
5.
Understanding (memecahkan masalah bersama-sama)
Suatu masalah akan dapat diatasi dengan baik, jika semua elemen atau pihak yang berada dalam organisasi tersebut dilibatkan dan berpartisipasi untuk mengatasi permasalahan atau perbedaan yang terjadi.Demikian pula ditempat kerja, ada saja yang membuat kita tidak nyaman dalam bekerja. Teman sekerja itu bermacam-macam sifat kepribadiannya, ada yang senang mengkritik, menyalahkan, atau merasa dan ingin menaang sendiri. Hal-hal semacam inilah yang menyebabkan terjadinya perbedaan di tempat kerja, dan jika terjadi perbedaan di tempat kerja maka jalannya organisasi atau perusahaan akan terganggu. Oleh karena itu kita harus menghindari terjadinya perbedaan di tempat kerja, bahkan indikasi perbedaan hendaknya diusahakan untuk diubah menjadi kerja sama.


5.Ceritakan pengalaman anda dalam mengunjungi organisasi yang telah dimuat dalam tugas akhir mata kuliah ini!

Cerita pengalaman adalah merupakan pengalaman yang kebanyakan orang susah untuk dilupakan. Apalagi yang ada adalah pengalaman buruk apa lagi yang menyenangkan. Akan tetapi dalam kunjungan tugas oragnisasi yang kelompok kami lakukan adalah pada sebuah Lembaga Swasdaya Masyarakat atau sering kita dengar dengan sebutan LSM. Bagi saya pribadi, tak ada pengalaman menarik mengunjungi LSM itu, dikarenakan saya tidak turun langsung dalam kegiatan kersebut, hanya teman satu kelompok saya saja yang datang bertemu langsung dengan pengurus LSM tersebut.
Jadi hanya jadi tukang ketiknya mhe___
Akan tetapi setelah mlihat dan membaca hasil wawancara kepada LSM tersebut nampaklah ada hal yang membingungkan. Antara lain struktur ganda yang membingungkan, penjabaran tugas dan fungsi yang ngambang dan membingungkan dan masih banyak lagi yang membingungkan sehingga negtiknya setengah.
Dan setelah di koordinasikan dengan teman kelompok, dan partner kelompok mengkoordinasikan lagi struktur yang ada Alhamdulillah ada titik tenang dalam mengerjakan tugas meskipun masih ada lagi yang belum terlalujelas. Sehingga pengalaman yang amat sangat berharga adalah datang dan temui langsung karena itu akan menenangkan! bertanyapun bebas tanpa tekanan siapapun kalaupun yang di datangi banyak diamnya atau kasarnya disebut banyak cueknya maka itulah pelajaran berharga karena melatih kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAZAKUMULLAH KHAIR
YAA.., ATAS KUNJUNGANNYA DAN KOMENTARNYA
I WISH YOU LUCK